Jumat, 22 Oktober 2010

Pandan, dikenal sebagai rempah dan wewangian untuk makanan, namun daun pandan memiliki khasiat yang ampuh bagi kecantikan dan kesehatan. Kandungan kimia alkaloid, saponin, flavoida, tanin, danpolifenol, mampu mengatasi sejumlah penyakit berikut ini:
1. Obat panu. Tumbuk segenggam daun pandan, ambil airnya dan campur dengan sedikit garam. Minum satu hari sekali selama tiga hari berturut-turut.
2. Darah tinggi. Ambil daun pandan secukupnya, rebus dengan 2 gelas hingga 1 gelas. Minum 1/2 gelas pada pagi hari dan 1/2 gelas sore hari. Perlahan-lahan tekanan darah akan normal.
3. Penambah nafsu makan. Potong kecil-kecil 10 gr daun pandan wangi segar, rebus dengan 3 gelas air selama 15' hingga tersisa 1 gelas (minum 2 kali sehari).
4. Lemah saraf. Cuci 3 lembar daun pandan, potong kecil-kecil, rebus dengan 3 gelas air sampai tersisa 2 gelas, saring, kemudian minum pagi dan sore hari (masing-masing 1 gelas). 
5. Rematik dan pegal linu. Cuci 3 lembar daun pandan, iris tipis-tipis. Seduh dengan 1/2 cangkir minyak kelapa yang telah dipanaskan sambil diaduk merata. Setelah dingin, gosok bagian tubuh yang sakit.
6. Menghilangkan ketombe. Tumbuk 10 lembar daun pandan sampai halus, tambah 2 gelas air, saring dan usapkan ke rambut yang sebelumnya sudah dikeramas. Selanjutnya bilas dengan air bersih.
7. Gelisah. Cuci 2 lembar daun pandan, iris tipis dan seduh dengan 1/2 gelas air panas. Setelah dingin minum sekaligus. Lakukan 2-3 kali sehari sampai tenang.
8. Rambut rontok. Buat jus daun pandan, oleskan pada akar rambut di pagi hari selama 1 atau 2 jam,kemudian bilas.
9. Menghitamkan rambut. Cuci 7 lembar daun pandan dan potong-potong, rebus dengan 1 lt air hingga warnanya menjadi hijau. Embunkan semalam. Paginya campur dengan air perasan 3 buah daun mengkudu masak. Campuran ini untuk mencuci rambut. Lakukan 3 kali seminggu hingga terlihat hasilnya. Tentu saja ini tidak berlaku untuk rambut putih atau uban tentunya.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar